Tuesday, March 30, 2010

Hasyim Mengundurkan Diri atas Restu Kakaknya

KH Hasyim Muzadi menyatakan tidak bersedia dicalonkan sebagai rais am setelah berkonsultasi dan mendapatkan restu kakaknya KH Muchit Muzadi. Demikian disampaikan langsung oleh KH Hasyim Muzadi kepada NU Online sesaat sebelum menyatakan tidak bersedia dicalonkan.

"Saya telah mendapatkan restu dari Kak Muchit agar muru'ah (kehormatan, red) NU ini tetap terjaga," kata Hasyim singkat sambil meminta kertas catatan kecil NU Online untuk menuliskan surat ketidaksediaan itu.


Sedianya Hasyim meminta seseorang untuk menyampaikan surat singkat itu kepada pimpinan sidang. Namun karena orang yang dimaksud tak berani akhirnya ia sendiri maju sendiri ke depan pimpinan sidang dan menyerahkan surat ketidaksediaan itu.

Kontan setelah surat singkat itu dibacakan, muktamirin langsung berkerumun mendekati Hasyim. Seseorang langsung memeluknya sambil menangis meronta. Hasyim keluar sidang dengan iringan shalawat badar.

Kepada NU Online sebelum memasuki auditorium utama Asrama Haji Sudiang, Hasyim sempat mengatakan akan berkonsentrasi mengurus Pondok Pesantren Al-Hikam yang dipimpinya, di Malang dan Depok, setelah menjabat Ketua Umum PBNU selama dua periode. (nam)

0 comments:

Post a Comment